5 Gerakan Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol yang Mudah Diikuti

Jakarta, c4d-forum.de

Olahraga memang punya banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan kolesterol. Ada beberapa gerakan untuk menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan.

“Pada dasarnya semua jenis olahraga bisa membantu menurunkan kolesterol,” ucap Personal Trainer Kristian Idrus kepada CNNIndonesia.com.

“Tak ada satu gerakan atau jenis olahraga yang khusus untuk menurunkan kolesterol.”

Kristian mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan manfaat olahraga bagi kesehatan, berbagai jenis olahraga ini harus dilakukan setidaknya 15-30 menit per sesinya.

Olahraga, termasuk gerakan untuk menurunkan kolesterol ini yang disarankan adalah olahraga yang bersifat cardio.

“Untuk pemula bisa 2 kali seminggu dan untuk yang sudah terlatih sekitar 3 kali seminggu.”

Berikut beberapa gerakan olahraga untuk menurunkan kolesterol :

1. Power walk

Jalan kaki adalah olahraga paling mudah yang bisa dilakukan seseorang. Kegiatan ini sederhana, gratis, mudah dilakukan, dan tentu saja menyehatkan.

Terkait berapa lama jalan kaki yang sehat, aturannya memang cukup berbeda-beda. Jika merujuk pada Better Health, Anda direkomendasikan untuk berjalan kaki 30 menit sehari.

“Power walk atau jalan cepat, jadi bukan jalan kaki biasa. Kalau tak sempat jalan keluar bisa saja lakukan di treadmil,” katanya.

Lakukan kegiatan jalan kaki ini secara bertahap. Jika Anda memulainya terburu-buru, justru bisa menyebabkan cedera. Tingkatkan jarak berjalan Anda secara bertahap.

2. Jogging

Sesi lari 10 menit intensitas sedang tidak hanya membuat mood merasa lebih baik, tapi juga meningkatkan kesehatan otak.

Selain itu jogging atau lari juga bisa membantu menjaga kesehatan secara umum dan juga menurunkan kolesterol.

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang cukup banyak dilakukan orang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Viral di Media Sosial, Apa sih FWB dan Apa Bahayanya?

Tidak hanya membuat badan lebih bugar, bersepeda sering kali diandalkan sebagai olahraga penunjang ketika menjalani diet.

Manfaat bersepeda untuk diet dinilai efektif membantu memangkas kelebihan kalori hingga kadar lemak dalam tubuh. Manfaat bersepeda untuk diet memiliki pengaruh dalam mengontrol kadar kolesterol tubuh supaya tetap stabil.

Rajin melakukan bersepeda dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular sehingga menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Menurut penelitian, bersepeda di ruangan memiliki efek positif pada peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) serta trigliserida.

4. Jump rope

Jump rope atau lompat tali juga bisa membantu tubuh Anda tetap sehat.

Salah satu gerakan dalam olahraga kardio ini bakal bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh termasuk menurunkan kolesterol.

5. HIIT

Mengutip Healthline, latihan HIIT terdiri dari latihan singkat yang intens yang berlangsung dari 10 hingga 60 detik, segera diikuti dengan periode pemulihan aktif dengan durasi yang sama atau lebih lama.

Siklus olahraga berat dan pemulihan ini diulang sebanyak 3 hingga 10 kali, tergantung pada latihannya. Ini juga termasuk gerakan untuk menurunkan kolesterol.

(chs)

[Gambas:Video CNN]