5 Makanan Sahur untuk Memperkuat Puasa Sepanjang Hari

c4d-forum.de

Saat berlari cepat Ramadan, lapar dan haus adalah perasaan yang tak terelakkan. Bagi yang belum terbiasa, hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan performa saat menjalankan berbagai aktivitas atau ibadah lainnya.

Padahal makanan yang dikonsumsi saat sahur juga menentukan kelancaran puasa. Jika salah memilih, bukan tidak mungkin orang yang berpuasa akan merasa lemas, lesu, dehidrasi, dan keluhan lainnya.

Ada 5 makanan untuk sahur agar Anda bisa berpuasa sepanjang hari. Anda bisa membuat variasi dari berbagai sumber makanan yang tersedia. Namun, hal terpenting sebelum menentukan menu adalah konten di dalamnya.

Kandungan makanan untuk sahur idealnya mengandung 3 nutrisi ini:

  1. Karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Dengan begitu, konten ini akan memberikan energi lebih lama untuk beraktivitas
  2. Protein dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit
  3. Serat yang membuat sistem pencernaan bekerja lebih lambat dari biasanya. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Makanan Sahur untuk Puasa Yang Kuat




Ilustrasi. Telur merupakan sumber protein yang menjadikannya salah satu makanan sahur untuk menguatkan puasa. (iStockphoto)

Dikutip dari Food Ndtv, ada 5 makanan sahur untuk kuat puasa yang bisa Anda coba di Ramadhan 2022. Makanan ini bisa dipadukan dengan makanan sehat lainnya agar nutrisi yang didapat tubuh lebih lengkap. Berikut daftarnya:

1. Telur

Telur kaya akan protein dan rendah kalori. Kedua nutrisi ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Telur juga bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus, orak-arik, atau dipadukan dengan makanan lain seperti roti.

Manfaat lain dari telur yang akan Anda dapatkan adalah membantu menurunkan berat badan, membangun massa otot, dan menjaga kesehatan jantung karena rendah lemak.

2. Oatmeal




ilustrasi oatmealIlustrasi. Oatmeal adalah sumber karbohidrat dan serat, yang menjadikannya salah satu makanan sahur untuk puasa yang kuat. (Istockphoto/ Brycia James)

Oatmeal memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi. Salah satu manfaat makanan berprotein adalah memberi Anda banyak energi.

Anda bisa membuat smoothie oatmeal dengan menambahkan pisang dan susu. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan yang juga membuat perut tidak cepat lapar.

3. Ikan atau ayam




Ikan murrel (Chevron Snakehead) kukus utuh dengan cabai, bawang putih dan minyak wijenIlustrasi. Ikan adalah sumber protein yang menjadikannya salah satu makanan sahur untuk puasa yang kuat. (iStockphoto/adi7)

Kandungan omega-3 pada ikan untuk daya tahan tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah Anda dari sakit saat berpuasa.

Selain itu, ikan kaya akan protein. Protein dapat beregenerasi untuk mempertahankan massa otot tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Protein akan menghasilkan energi jika cadangan energi dalam tubuh yaitu berupa glukosa di hati, otot, dan lemak tidak mencukupi.

Di sisi lain, ayam juga memiliki nutrisi penghasil energi yang membantu tubuh bugar saat berpuasa. Sebaiknya makanan tidak digoreng agar tidak membuat tenggorokan sakit.

Makanan sahur biar kuat puasanya, lanjut halaman selanjutnya…

5 Makanan Sahur untuk Memperkuat Puasa Sepanjang Hari

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Waspadai Gangguan Pendengaran yang Bisa Terjadi pada Segala Usia