5 Menu Sarapan yang Bikin Kolesterol Jahat Langsung ‘Kabur’

Jakarta, c4d-forum.de

Sarapan berarti memberikan ‘bahan bakar’ awal buat tubuh. Namun, penderita kolesterol perlu lebih hati-hati saat memilih menu sarapan.

Ada beberapa menu sarapan untuk menurunkan kolesterol yang bisa dikonsumsi. Jangan khawatir, menu-menu ini tak bikin kolesterol melonjak.

Orang dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk sarapan secara teratur. Dilansir dari Healthline, studi pada 2020 menemukan, tidak sarapan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Kolesterol adalah senyawa lemak yang diproduksi tubuh secara alami. Kolesterol dibutuhkan untuk memastikan sel-sel tubuh berfungsi dengan baik.

Namun, dalam kadar yang tinggi, kolesterol bisa memicu sejumlah masalah kesehatan.

Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap sarapan meski sedang terburu-buru. Berikut menu sarapan praktis untuk

Biasanya orang melewatkan sarapan karena waktu mepet atau sibuk dengan pekerjaan. Oleh karenanya, berikut menu sarapan praktis untuk menurunkan kolesterol.

1. Susu almond




Ilustrasi. Susu almond, salah satu menu sarapan untuk menurunkan kolesterol. (iStockphoto/nipastock)

Susu almond biasanya disarankan buat mereka yang tidak bisa minum susu sapi. Namun, susu ini ternyata juga baik untuk orang dengan kolesterol tinggi.

Almond kaya akan lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin. Bahkan, almond bisa membantu menurunkan kolesterol.

Bayangkan, cukup makan 2 ons almond setiap hari bisa menurunkan LDL sekitar 5 persen.

2. Roti panggang dan alpukat

Perpaduan roti panggang dan alpukat tumbuk memang jadi sarapan sempurna yang lezat dan mengenyangkan. Menu sarapan satu ini pun bermanfaat buat penderita kolesterol.

Studi yang diterbitkan di Journal of the American Heart Association menemukan konsumsi satu alpukat per hari bisa menurunkan kolesterol jahat. Manfaat ini didapat berkat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat.

3. Omelet sayur

Orang dengan kolesterol tinggi bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan. Namun, dengan olahan tertentu.

Mengutip dari Cleveland Clinic, Anda cukup menyiapkan omelet sayuran. Menu ini mengkombinasikan putih telur, sayuran segar, dan keju rendah lemak. Omelet sayur ini rendah kalori dan lemak sehingga tidak membuat kolesterol meroket.

4. Yogurt plus biji-bijian

Ingin sarapan yang menyegarkan? Anda bisa mengonsumsi yogurt bersama dengan biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah.

Coba saja menyiapkan yogurt, biji chia, beri, dan almond. Sekali hap, ada banyak manfaat yang Anda peroleh.

5. Kimchi




Ilustrasi KimchiIlustrasi. Kimchi bisa jadi menu sarapan untuk menurunkan kolesterol. (chengzhu/Pixabay)

Mungkin menu ini tidak masuk dalam menu sarapan Anda. Namun, kimchi ternyata bisa membantu mengatasi kolesterol tinggi.

Komponen fitosterol dan komponen lain pada kimchi mampu menghalangi penyerapan kolesterol dari makanan.

Selain itu, kimchi juga menekan sintesis kolesterol dan membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh.

“Karena kimchi adalah produk fermentasi, ia memproduksi probiotik, bakteri baik, yang bisa memecah kolesterol. Coba bubuhkan putih telur orak-arik dan kimchi untuk sarapan,” jelas Megan Erwine, ahli gizi, seperti dikutip dari Eat This, Not That.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Libur Lebaran di Jabodetabek