7 Buah untuk Cegah Penyakit Jantung, Enak Jadi Asupan Harian

Jakarta, c4d-forum.de

Buah jadi salah satu makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Termasuk salah satunya untuk mencegah berbagai penyakit.

Ada beberapa buah untuk cegah penyakit jantung yang bisa Anda konsumsi. Jadikan daftar buah ini sebagai asupan harian Anda.

Penyakit jantung sendiri dikenal sebagai salah satu pembunuh terbesar di dunia. Penyakit ini mengakibatkan banyak kasus kematian.

Ada banyak gangguan yang bisa terjadi pada jantung. Mulai dari gangguan pada pembuluh darah, katup kantung, atau otot jantung. Penyakit ini juga dapat disebabkan infeksi dan bawaan sejak lahir.

Pola makan yang sehat serta rutin beraktivitas fisik jadi salah satu cara mencegah penyakit jantung.

Beberapa makanan diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Termasuk diantaranya buah-buahan.

Buah untuk Cegah Penyakit Jantung

Berikut beberapa buah untuk cegah penyakit jantung yang bisa Anda jadikan asupan harian, mengutip berbagai sumber.

1. Buah beri

Stroberi, blackberry, hingga blueberry penuh dengan nutrisi yang memainkan peran sentral dalam kesehatan jantung.

Mengutip Healthline, buah beri kaya akan senyawa antioksidan seperti antosianin, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

2. Alpukat




Ilustrasi. Alpukat, salah satu buah untuk cegah penyakit jantung. (skeeze/Pixabay)

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Alpukat ditemukan mampu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung.

Alpukat juga kaya akan potasium, nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Satu buah alpukat mengandung 975 miligram potasium atau sekitar 28 persen dari kebutuhan harian.

3. Jeruk

Jeruk memiliki serat pektin yang membantu melawan kolesterol. Diketahui, kolesterol tinggi jadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Mengutip WebMD, jeruk juga mengandung potasium yang membantu mengontrol tekanan darah.

4. Ceri

Ceri dikemas dengan senyawa antioksidan yang disebut antosianin. Senyawa ini diyakini dapat membantu melindungi pembuluh darah.

5. Anggur

Mengutip NCBI, beberapa penelitian menemukan, anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan relaksasi pembuluh darah. Kesemuanya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

6. Delima

Buah delima kaya akan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri merupakan salah satu pemicu penyakit jantung.

Selain itu, buah satu ini juga memiliki sifat antihipertensi.

7. Apel

Buah untuk cegah penyakit jantung yang terakhir adalah apel. Studi menemukan, konsumsi apel dikaitkan dengan penurunan kejadian kardiovaskular.

Selain kaya serat, apel juga mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan polifenol.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Apa Gejala Cacar Monyet yang Paling Utama?