7 Makanan Pembersih Paru-paru, Napas Jadi Lebih Lega

Jakarta, c4d-forum.de

Membersihkan paru-paru bukan hal yang tak mungkin. Cara ini justru bisa membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan pembersih paru-paru.

Paru-paru jadi salah satu organ tubuh yang punya peran penting terhadap kesehatan secara menyeluruh.

Sayangnya, di luar sana banyak polutan yang bisa membikin paru-paru kian rusak. Tak cuma asap rokok, udara yang terpapar saat beraktivitas sehari-hari juga bisa membikin paru-paru jadi kotor. Kondisi ini bisa membuat paru-paru terasa berat.

Makanan Pembersih Paru-paru

Konsumsi makanan tertentu dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan.

Berikut beberapa makanan dan minuman untuk menjaga paru-paru tetap bersih.

1. Teh hijau

Makanan pembersih paru-paru yang pertama adalah teh hijau. Mengutip Medical News Today, teh hijau mengandung banyak senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Sebuah studi pada 2018 menemukan, orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tak pernah meminum teh hijau.

2. Bawang putih




Ilustrasi. Bawang putih, salah satu makanan pembersih paru-paru. (Pixabay/condesign)

Mengutip NDTV, sifat anti-inflamasi dan tingkat allicin yang tinggi pada bawang putih dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru.

Tak cuma itu, bawang putih juga dianggap sebagai obat yang efektif dalam mengatasi asma dan menurunkan risiko kanker paru-paru.

3. Apel

Bukan rahasia lagi, apel sarat dengan berbagai nutrisi. Kandungan flavonoid dan berbagai vitamin lainnya membantu mempertahankan sistem pernapasan yang sehat.

Apel menjadi salah satu makanan yang kerap disarankan oleh ahli gizi untuk membantu mengatasi masalah paru-paru.

4. Jahe

Sama seperti bawang putih, sifat anti-inflamasi pada jahe dapat membantu membersihkan paru-paru secara alami.

Anda dapat menambahkannya ke dalam secangkir teh di pagi hari. Campur dengan lemon dan madu. Campuran ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari saluran pernapasan.

5. Kacang merah

Kacang merah bersama beberapa jenis kacang lain seperti lentil, kedelai, dan kacang polong merupakan makanan yang bersifat meningkatkan kadar hemoglobin.

Hemoglobin sendiri diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan transportasi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tak cuma itu, hemoglobin juga bisa merangsang proses internal yang mengembalikan karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.

6. Bit

Warna cerah yang dimiliki bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru.

Mengutip Healthline, bit dan buah atau sayuran kaya nitrat lainnya bermanfaat untuk paru-paru. Nitrat membantu mengoptimalkan pengambilan oksigen.

Suplemen bit juga bahkan telah terbukti dapat meningkatkan kinerja paru-paru pada orang dengan COPD.

7. Kunyit

Kunyit mungkin jadi makanan yang memberikan dampak kesehatan secara menyeluruh, termasuk diantaranya paru-paru.

Sebagai makanan pembersih paru-paru, kunyit membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah pernapasan. Mengutip Times of India, senyawa aktif dalam kunyit membantu membersihkan paru-paru secara alami.

(asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  8 Manfaat Puasa Ramadhan, Proses Detoksifikasi Terbaik