7 Rekomendasi Minuman saat Menstruasi, Bantu Redakan Kram Perut

Jakarta, c4d-forum.de

Sebagian perempuan kerap tersiksa sebelum atau selama menstruasi. Penting untuk memilih minuman saat menstruasi yang tepat demi menjaga hidrasi sekaligus mengurangi kram perut.

Hormon prostaglandin adalah komponen yang bertanggung jawab akan rasa sakit selama menstruasi. Sebelum menstruasi, sel-sel yang membentuk lapisan pada rahim melepas prostaglandin.

“Selama menstruasi, prostaglandin dilepaskan saat sel-sel meluruhkan lapisan. Prostaglandin juga terlibat dalam penyempitan pembuluh darah di rahim dan memicu kontraksi otot rahim,” jelas ahli gizi Joyce Faraj, mengutip dari Bustle.

Semakin banyak prostaglandin, semakin parah kram yang dialami.

Minuman saat Menstruasi

Untuk mengurangi tingkat keparahan kram, Anda bisa mengonsumsi beberapa minuman tertentu.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa minuman saat menstruasi yang dianjurkan.

1. Air putih

Dari sekian banyak jenis minuman, satu minuman yang tidak boleh terlewat adalah air putih. Minum air putih sangat penting, apalagi saat menstruasi.

Seperti dikutip dari Healthline, menjaga hidrasi tubuh mampu mengurangi potensi sakit kepala akibat dehidrasi. Sakit kepala dehidrasi umum terjadi selama haid.

Selain mengurangi potensi sakit kepala, kecukupan cairan tubuh juga mencegah tubuh menahan air dan kembung.

2. Wedang jahe




Ilustrasi. Wedang jahe, salah satu minuman saat menstruasi. (iStockphoto/5second)

Secangkir wedang jahe mampu memberikan kehangatan sekaligus meredakan sejumlah gejala menstruasi. Jahe memiliki efek antiinflamasi sehingga mampu meredakan otot yang pegal. Selain itu, jahe juga mengurangi mual.

3. Jamu kunyit asam

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah untuk bumbu masakan. Namun, Anda bisa memanfaatkannya jadi minuman menyegarkan untuk mengatasi kram. Kunyit dengan kandungan kurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi.

Studi pada 2015 melihat efek kurkumin pada gejala PMS. Hasilnya, orang yang mengonsumsi kurkumin mengalami gejala PMS tidak terlalu parah.

4. Teh peppermint

Seperti jahe, peppermint juga memberikan efek hangat dan nyaman. Rupanya kandungan mentol pada daun peppermint mampu melemaskan otot-otot rahim sehingga mengurangi ketegangan yang memicu kram.

Saat rasa sakit menstruasi tak tertahankan, sebaiknya seduh teh peppermint.

5. Teh hijau

Teh hijau bisa menghibur selama menstruasi. Teh hijau memiliki kandungan kafein meski jumlahnya tak bisa disamakan dengan kopi.

Selain memenuhi asupan kafein harian Anda, teh hijau juga mengandung antioksidan yang berfungsi menjaga sistem tubuh tetap berjalan sebagaimana mestinya.

6. Smoothies

Dalam sekali minum, smoothies mampu memberikan aneka nutrisi dan manfaat buat tubuh. Faraj menyarankan untuk mencampur parsley dan jahe sebab mampu berfungsi sebagai antiinflamasi.

Tambahkan pula komponen vitamin B seperti apel dan pisang untuk melawan PMS dan kram. Susu kedelai atau yogurt mampu memberikan rasa ‘creamy‘ sekaligus menambah komponen kalsium.

7. Jus nanas

Enzim bromelain pada nanas bisa membantu meredakan ketegangan otot. Jus nanas pun pas dikonsumsi sebagai minuman saat menstruasi.

Jus nanas pun mampu membantu meredakan ketegangan dan melemaskan otot rahim.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Manfaat Minum Air Lemon dan Cara Mengolahnya