9 Kebiasaan Baik Buat Jaga Kesehatan Mata, Wajib Lakukan Tiap Hari

Jakarta, c4d-forum.de

Mata punya peran penting dalam kesehatan. Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan kedua mata terlindungi dan sesehat mungkin.

Apa saja kebiasaan yang dapat memperbaiki penglihatan pada mata?

Jutaan orang mengalami masalah mata setiap tahunnya. Beberapa masalah mata mengakibatkan kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan, sementara yang lain dapat diperbaiki dengan lensa kontak atau kacamata.

National Eye Institute memperkirakan bahwa antara 2010 dan 2050, jumlah individu yang terkena penyakit mata kronis, termasuk degenerasi makula terkait usia (AMD), katarak, retinopati diabetik, dan glaukoma akan berlipat ganda, seperti yang dikutip dari Medical News Today.

Faktanya, banyak masalah penglihatan dapat dicegah maupun diobati dengan mengikuti beberapa kebiasaan sederhana dan sehat. Melansir berbagai sumber, berikut 10 kebiasaan baik untuk memperbaiki penglihatan Anda.

1. Pakai kacamata hitam dengan UV protection

Kulit bukan satu-satunya korban paparan sinar UV setiap hari. Sinar tak terlihat itu meningkatkan peluang seseorang terkena katarak atau kekeruhan pada lensa mata yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

Ketika menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pertimbangkan menggunakan kacamata hitam yang melindungi dari sinar UV yang dapat menyelinap masuk di sekitar sisi kacamata.

2. Terapkan pola makan sehat

Wortel memang disebut sebagai sayur yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Namun faktanya, setiap sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung atau sawi merupakan pembangkit tenaga pelindung penglihatan.

Sayur-sayuran ini penuh dengan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Para ahli menyarankan nutrisi ini dapat memblokir cahaya biru berenergi tinggi, yang dapat membahayakan sel retina, membantu melindungi penglihatan dan mencegah perkembangan degenerasi makula terkait usia (AMD).

Baca Juga :  3 Tahap Gejala Parah Hepatitis Akut Yang Harus Diwaspadai Sejak Awal

Telur juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik. Sayuran berwarna seperti wortel, ubi jalar atau paprika merah kaya akan beta-karoten, yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang baik.

3. Olahraga teratur

Olahraga diyakini dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya dapat menyebabkan katarak.

Kardio juga dapat menurunkan tekanan intraokular atau tekanan di mata Anda yang dapat meningkatkan aliran darah ke retina dan saraf optik.

Kebiasaan Baik Buat Jaga Kesehatan Mata berlanjut ke halaman sebaliknya…


9 Kebiasaan Baik Buat Jaga Kesehatan Mata, Wajib Lakukan Tiap Hari

BACA HALAMAN BERIKUTNYA