Apa yang Harus Dilakukan agar Perut Tidak Buncit?

Jakarta, c4d-forum.de

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar perut tidak buncit. Perut buncit tak hanya mengganggu penampilan, tapi juga rentan mendatangkan penyakit.

Mulai dari obesitas, diabetes, jantung, hingga kanker. Sebelum perut telanjur menjadi buncit, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Lalu, apa tanda bahwa perut sudah masuk kategori buncit? Sebagian orang mungkin berpendapat perut yang tidak rata sudah masuk kategori buncit.

Namun, menurut Kementerian Kesehatan, standar perut buncit yang berbahaya dan mengindikasikan obesitas sentral adalah lingkar perut di atas 90 cm bagi pria dan di atas 80 cm bagi perempuan.

Lantas, apa yang harus dilakukan agar perut tidak buncit? Berikut penjelasannya.

1. Tidak makan larut malam

Cara agar perut tidak buncit yang pertama adalah tidak membiasakan diri untuk makan larut malam. Anda tetap boleh makan malam tetapi jangan terlalu larut hingga mendekati jam tidur. Sebab, ketika tidur, organ tubuh juga beristirahat.

Ketika sudah telanjur istirahat, makanan yang masuk tidak langsung diolah, sehingga rawan menumpuk dan salah satunya di area perut. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat jadwal makan agar perut tidak buncit.

Misalnya, makan malam berat terakhir pukul 19.00, setelah itu tidak makan lagi. Lalu, tidurlah sekitar dua hingga tiga jam setelahnya.

2. Jangan terlalu banyak makan




Apa yang harus dilakukan agar perut tidak buncit? Tentu dengan tidak banyak makan. (Foto: iStockphoto/amenic181)

Anda mungkin sudah tidak makan malam, tapi Anda makan terlalu banyak pada pagi dan siang hari. Hal ini sebaiknya juga tidak Anda lakukan agar perut tidak buncit.

Sebab, makan terlalu banyak juga berpotensi menimbulkan penumpukan sisa kalori di dalam tubuh dan membuat perut jadi buncit. Makanlah secukupnya sesuai kebutuhan kalori per hari dan berhenti sebelum kenyang.

3. Bentuk pola makan

Anda perlu membentuk pola makan agar perut tidak buncit. Pola makan mengecilkan perut buncit pria misalnya dengan memperbanyak asupan protein ketimbang lemak.

Protein baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mencegah perut buncit. Selain itu, pola makan dengan banyak serat juga diperlukan untuk melancarkan pencernaan.

Sementara lemak sebaiknya dikurangi, khususnya lemak jenuh dari gorengan, makanan cepat saji, jeroan, dan lainnya. Pilihlah lemak sehat seperti dari ikan laut dan minyak zaitun.

4. Perbanyak air putih




Ilustrasi perempuan minum air mineralIlustrasi. Cara mencegah perut buncit salah satunya dengan memperbanyak minum air putih. (Foto: iStock/Pongtep Chithan)

Tips agar perut tidak buncit setelah makan adalah banyak konsumsi air putih. Pasalnya, air putih memiliki manfaat untuk menjaga metabolisme tubuh.

Selain itu, konsumsi air putih dalam jumlah banyak juga bisa menekan keinginan untuk makan camilan dan mengonsumsi makanan manis yang rawan membuat perut buncit.

5. Angkat beban

Seringkali orang berpikir agar perut tidak buncit, maka harus olahraga yang turut menurunkan berat badan. Padahal, tidak demikian.

Lantas, olahraga apa untuk mengecilkan perut buncit? Anda bisa coba angkat beban. Olahraga ini mampu mengecilkan perut buncit tanpa mengurangi berat badan.

Bahkan, latihan angkat beban dapat menggantikan massa lemak dengan massa otot. Dengan begitu, perut juga jadi rata.

Beberapa studi menunjukkan latihan angkat beban bisa mengurangi risiko obesitas perut atau perut buncit. Bahkan, latihan beban selama beberapa minggu bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara agar perut tidak buncit, lanjut halaman dua…


Apa yang Harus Dilakukan agar Perut Tidak Buncit?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Tetap Gaya, Putri Candrawathi Tenteng Tas Mewah saat Rekonstruksi