Cara Diet Sehat, Bisa Turun Berat Badan Tapi Tetap Makan Enak

Jakarta, c4d-forum.de

Ketika angka timbangan mulai melonjak, banyak orang buru-buru diet agar tubuh ramping. Tapi bagaimana cara diet sehat yang benar?

“Ada banyak diet viral yang muncul, lalu disusul dengan diet yang lain. Diet orang lain berhasil lalu viral,” ungkap dokter gizi klinis Halodoc, Sheila Stefani beberapa waktu lalu.

“Jangan sembarangan diet, terutama yang sakit.”

Dia mengungkapkan bahwa diet sebenarnya bukan cuma menurunkan berat badan, tapi menambah berat badan dan juga perkara hidup lebih sehat.

Lalu bagaimana cara diet sehat yang benar-benar sehat?

Di sisi lain pandemi telah mempengaruhi setiap lini kehidupan, termasuk pola konsumsi sehari-hari masyarakat usia produktif. Perubahan yang terjadi dapat mengarah pada pola makan positif maupun negatif.

Mengutip pernyataan Alodoc dan Yellow Fit Kitchen, hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan konsumsi makanan utama dan selingan, sayur dan buah, air putih, minuman rempah-rempah, serta suplemen.

Namun di sisi lain terdapat juga perubahan pola makanan seperti bertambahnya frekuensi makan dalam sehari atau peningkatan makanan selingan yaitu makanan ringan kemasan dan fast food yang mengarah pada kenaikan berat badan.

Berikut cara diet sehat agar bisa tetap makan enak tanpa tersiksa namun tak bikin gemuk.

1. Tidak Melewatkan Sarapan Pagi

Padatnya aktivitas sejak pagi hari membuat banyak orang akhirnya melewatkan sarapan. Padahal sebenarnya menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Sarapan pagi juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan siang agar tidak berlebihan.

2. Banyak Minum Air Putih

Pola makan yang sehat belum lengkap tanpa air putih. Asupan air yang cukup akan menjaga kelancaran fungsi tubuh serta melindungi dari dehidrasi.

Baca Juga :  Menikah, Eva Celia Pilih Gaun Mermaid dan Korset

Ketika dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar yang keliru. Inilah yang membuat seseorang kerap makan banyak yang membuat porsi makannya tidak teratur tanpa disadari.

3. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Kunci pola makan yang sehat yakni menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Ini berarti perlu mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, serta lauk-pauk sumber lemak dan protein dalam jumlah yang sesuai.

Meski saat ini ada banyak makanan yang bisa Anda pesan secara online, 

Cermati jenis makanan, porsi, waktu makan, serta keamanan kebersihan pangan.




Foto: iStockphoto
Ilustrasi Diet

Pilih karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang menyehatkan yang dibutuhkan tubuh kita.

Dalam diet sehat, jangan lupa asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk memperlancar pencernaan dan mendukung daya tahan tubuh.

4. Jangan Makan Berlebihan

Meskipun kita memakan makanan yang sehat tetapi porsinya harus tetap seimbang. Makanlah secukupnya dan berhentilah kira-kira ketika sudah mencapai 80 persen kenyang.

Makan secara berlebihan tidak hanya berdampak negatif untuk berat badan tetapi juga bisa mengganggu pencernaan.

5. Makanan bervariasi

Sheila mengungkapkan bahwa makanan yang disantap harus bervariasi.

Artinya jangan makan hanya satu jenis makanan saja. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh dan membuat tubuh jadi sehat ketika melakukan diet sehat.

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]