Covid-19 Kembali Naik, Lakukan 6 Kebiasaan Ini agar Imun Tetap Kuat

Jakarta, c4d-forum.de

Angka kasus Covid-19 yang kembali naik, ditambah dengan berbagai penyakit anyar seperti cacar monyet menimbulkan kekhawatiran.

Tapi, Anda tak perlu khawatir berlebih. Meningkatkan sistem imun dapat membantu tubuh mencegah ancaman berbagai penyakit.

Ada beberapa kebiasaan yang membuat imun tubuh naik. Lakukan kebiasaan-kebiasaan ini agar tubuh terlindungi.

1. Jalan kaki

Jalan kaki bisa menjadi kunci paling sederhana untuk menjaga imun. Jalan kaki bisa jadi sarana olahraga paling murah dan mudah yang bisa Anda lakukan.

Sebuah riset menemukan, perempuan usia 50-an yang jalan kaki minimal 4,8 kilometer atau 100 langkah per menit memiliki harapan hidup hingga 87 tahun dibanding yang jalan kaki lambat. Hal yang sama juga berlaku bagi laki-laki dengan angka harapan hidup menjadi 86 tahun.

2. Minum air putih

Kebiasaan yang membuat imun tubuh naik lainnya adalah rajin meminum air putih. Memastikan tubuh tidak kekurangan cairan sangat penting untuk menjaga imun tetap naik.

Bukan cuma itu, memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga baik untuk membuang racun dari tubuh. Orang dewasa disarankan mendapatkan asupan cairan sebanyak dua liter per harinya.

3. Menjaga pola makan




Ilustrasi. Menjaga pola makan sehat, salah satu kebiasaan yang membuat imun naik. (iStockphoto/amenic181)

Diet sehat adalah kunci imun yang kuat. Makanan yang bisa Anda konsumsi misalnya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Mengutip berbagai sumber, memberikan energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh melalui diet sehat, dapat membantu Anda mendapatkan jumlah yang cukup dari zat gizi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Olahraga teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot. Ini juga merupakan bagian penting untuk menjadi sehat dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan hingga berat selama 30 menit setiap hari membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.

5. Kelola stres

Stres memengaruhi kesehatan, termasuk dampaknya terhadap kekebalan tubuh. Stres dan cara meredakannya akan berbeda untuk setiap orang.

Mengingat efeknya pada kesehatan Anda, penting untuk mengetahui cara mengidentifikasi stres. Anda bisa melakukan meditasi, berolahraga atau melakukan hal-hal seperti hobi untuk meredakan stres.

6. Tidur cukup

Mengutip laman Center for Disease Control and Prevention (CDC), kurang tidur dapat berdampak negatif pada berbagai sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat memicu berbagai gangguan.

Oleh karena itu, jadikan tidur yang cukup setiap hari sebagai salah satu kebiasaan yang bisa membuat imun tubuh naik.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Tangani Asam Lambung dengan Tepat Jika Tak Mau Berakhir Petaka