Diet Busui Puput Nastiti Devi, Turun 20 Kg Usai Melahirkan Anak Kedua

Jakarta, c4d-forum.de

Istri Ahok alias Basuki Tjahja Purnama, Puput Nastiti Devi sedang menjadi perbincangan publik lantaran berhasil menurunkan berat badannya sampai 20 kg.

Dalam pemotretan terbarunya dengan sang suami, Puput terlihat langsing usai melahirkan anak keduanya.

Dalam sebuah unggahan di akun media sosial Instagram pribadi miliknya dan suami, Puput berterima kasih kepada dokter gizinya karena telah membantunya diet sampai turun 20 kg.

Menurunkan berat badan usai melahirkan tak jarang menjadi dilema seorang ibu. Hal ini karena ibu tetap membutuhkan banyak nutrisi demi memberikan asupan ASI untuk sang buah hati.

“Tentunya diet sehat dan aman untuk Busui seperti saya. Semangat menuju Berat Badan Ideal,” tulis Puput dalam unggahan foto lainnya. 

Lalu bagaimana cara diet yang aman dan cocok untuk busui alias ibu menyusui seperti Puput Nastiti Devi? 

1. Perhatikan pola makan

Saat hamil, banyak yang telah menyesuaikan kebiasaan makan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Setelah melahirkan, nutrisi yang tepat masih penting, terutama jika sedang menyusui.

 Dilansir dari Mayo Clinic. Membuat pilihan makanan yang bijak dapat mendorong penurunan berat badan yang sehat setelah kehamilan.

– Makan lebih banyak makanan nabati, termasuk buah-buahan, sayuran dan biji-bijian
– Pilih protein tanpa lemak dari berbagai sumber
– Batasi makanan manis dan garam
– Kontrol ukuran porsi

[Gambas:Instagram]

2. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas harian

Biasanya aman untuk berolahraga ringan dalam beberapa hari setelah melahirkan jika sudah sering olahraga saat hamil dan melahirkan secara normal.

Untuk ibu yang melahirkan secara operasi sesar, diskusikan dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk memulai program olahraga. Umumnya, ibu bisa memulai olahraga ringan sekitar empat hingga enak minggu setelah melahirkan.

Baca Juga :  Six Pack Ryan Gosling Ken 'Barbie' Bikin Salfok, Intip Dietnya

3. Rajin menyusui bayi

Menyusui juga dapat membantu menurunkan berat badan yang bertambah selama kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena ketika menyusui, Anda menggunakan sel-sel lemak yang tersimpan di tubuh selama kehamilan, bersama dengan kalori dari makanan, untuk memicu produksi ASI dan memberi makan bayi.

4. Tetapkan berat yang realistis

Sebagian besar wanita kehilangan sekitar 5,9 kg saat melahirkan, termasuk berat bayi, plasenta, dan cairan ketuban. Selama minggu pertama setelah melahirkan, ibu akan kehilangan berat badan tambahan saat melepaskan cairan yang tertahan.

Melalui diet dan olahraga teratur, seseorang usai melahirkan dapat menghilangkan 0,5 kg seminggu.

Mungkin diperlukan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk kembali ke berat badan sebelum hamil, baik sedang menyusui atau tidak.

(del/chs)

[Gambas:Video CNN]