Rahasia Diet ala Tike Priatnakusumah, Dari Baju Ukuran XXL Kini Jadi M

Jakarta, c4d-forum.de

Tike Priatnakusumah mengaku tak pernah kurus sejak muda. Hampir sepanjang hidupnya, ia selalu memiliki bobot besar bahkan cenderung obesitas.

Tapi siapa sangka, di tahun 2022 ini, Tike mengalami pencapaian yang luar biasa. Dia yang semula kerap mengenakan pakaian ukuran XXL kini melesat jauh jadi ukuran M.

Tike sukses menurunkan berat badan dari 105 kilogram pada tahun 2018 menjadi 68 kilogram pada tahun 2022.

“Lain dulu lain sekarang, bisul na hulu bucat na tarang. 2018 adalah berat badan terberat aku 105 kg, 2022 alias hari ini berat badan aku nyampe di angka 68 kg,” kata Tike dikutip dari akun instagramnya, @tikeprie. CNNIndonesia.com telah mendapatkan izin untuk mengutip unggahan tersebut.

[Gambas:Instagram]

Tike kerap membagikan perjalanan menuju hidup sehat dengan diet dan olahraga. Mulai dari bersepeda atau olahraga santai di rumah, perjalanan dietnya dilakukan sejak 2018 lalu.

“Perjalanan masih panjang,” kata Tike dalam salah satu unggahan yang memperlihatkan perjalanan dietnya dari 2018-2021.

Lantas, apa saja yang dilakukan Tike saat diet?

1. Tanpa minyak

Tike ternyata tidak mengonsumsi minyak selama menjalankan program diet. Tike juga kerap mengganti minyak dengan air untuk menumis bumbu.

2. Atur menu dan jam makan

Mengurangi asupan gula dan garam pada makanan juga dilakukan Tike. Jam makannya pun diatur, mulai sarapan di pukul 08.00, dan tetap makan camilan di sela-sela sebelum jam makan siang. Camilan bisa berupa buah atau roti gandum.

3. Mengurangi nasi, bukan menghindari

Tike tetap makan nasi, hanya saja porsinya dikurangi. Dia juga tidak makan mi dan berbagai makanan olahan tepung.

Baca Juga :  5 Jenis Afasia, Bukan Sekedar Kesulitan Berbicara

4. Kopi dan teh tanpa gula

Tike tetap minum teh dan kopi saat diet. Tapi minumannya itu tidak dicampur gula sama sekali. Kopi dan teh yang tidak dicampur gula lebih rendah kalori.

5. Rutin jalan kaki

Bukan hanya makanan, Tike juga rutin bergerak. Meskipun bukan olahraga berat, jalan kaki ternyata membantu dalam urusan penurunan berat badan.

Tike biasa jalan kaki 30-45 menit setiap hari.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]